Selamat datang

SELAMAT DATANG

Wednesday, November 9, 2011

Pertanyaan: Apa perbedaan dajjal dan orang munafik dan maksud minta perlindungan dari dajjal pada saat akhir sholat?


Pertanyaan: Apa perbedaan dajjal dan orang munafik dan maksud minta perlindungan dari dajjal pada saat akhir sholat? Pertanyaan:
Assalamu’alaikum, Ustadz! Apa perbedaannya dajjal dan orang munafik? Dan maksud dari doa minta perlindungan dari empat kejahatan pada saat sholat sebelum salam, yaitu di antaranya dari kejahatan Al-Masih Dajjal?
NB: Maksud dari doa pada saat sholat sebelum salam, yakni di antara doa berikut ini.
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ.
“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksaan kubur, siksa neraka Jahannam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Al-Masih Dajjal.” (HR. Al-Bukhori: 2/102 dan Muslim: 1/412. Lafadz hadits ini dalam riwayat Muslim.)
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ. اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ.
“Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur. Aku berlindung kepadaMu dari fitnah Al-Masih Ad-Dajjal. Aku berlindung kepadaMu dari fitnah kehidupan dan sesudah mati. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari perbuatan dosa dan kerugian.” (HR. Al-Bukhori: 1/202 dan Muslim: 1/412)
Jawaban oleh Ustadz Imam Wahyudi, Lc. (hafidzohulloh), Anda dapat download jawabannya berupa MP3 atau dengarkan langsung dengan klik Play pada player di bawah tulisan ini.
Pertanyaan ini diajukan pada saat kajian live pada 21 September 2011, pada kajian Hikmah Siang, pukul 13.10-14.30 WIB. Simak kajian beliau, Ustadz Imam Wahyudi, Lc. setiap Senin dan Rabu siang, pukul 13.10 WIB.

No comments:

Post a Comment